Jumat, 23 September 2011

SIAPKAH ANDA JADI PENGUSAHA ?

  Menjadi pengusaha tidaklah mudah,apa lagi saat harus memutuskan kapan memulai suatu usaha,keraguan sering mengghinggapi ketika merasa pengetahuan berwiraswasta sangat minim. belum lagi ketakutan akan kegagalan.  lantas bagaimana dengan mereka yang tak memiliki modal ?.
  Insinyur Ciputra pernah mengatakan bahwa kemustahilan hanya milik manusia yang tidak mau berusaha. Beliau juga berujar "saya memulai bisnis hanya dengan modal otak,keringat dan doa. baginya memulai usaha bisa dilakukan kapan saja.
  Rheinald kasali seorang pakar marketing juga pernah mengungkapkan bahwa mereka yang berniat jadi pengusaha harus memiliki keberanian untuk memulai. Selanjutnya, IR Ciputra seorang pengusaha properti percaya bahwa ada baiknya para perintis dunia usaha itu bekerja terlebih dahulu.  bagi yang tidak memiliki latar belakang bisnis bisa mengambil kursus bisnisuntuk memperkokoh dasar pengetahuan bisnis yang dibutuhkan.
   Seorangpengusaha baiknya tidak selalu mengandalkan intuisi dalam pengambilan keputusan.karena intuisi pun bersumber dari pengalaman, dan  dari ilmu pengetahuan atau pendidikan. Menurut Ir.Ciputra pengalaman harus diciptakan, lalu bagaimana anda menjadi entrepreneur jika tidak ada pengalaman,dan bagaimana anda dapat pengalaman tanpa ilmu?.bagaimana anda dapat pengalaman tanpa mencarinya?. Menurut Ir Ciputra lagi,langsung melakukan praktik dalam berusaha merupakan salah satu cara mengetahui seluk beluk dunia bisnis.
  KEPERCAYAAN ADALAH MODAL,, Rheinald kasali percaya modal itu datang setelah mendapat kepercayaan. Apabila belum memperoleh kepercayaan maka, yang diasah adalah keterampilan.. membangun kepercayaan bisa didapatkan dengan bekerja.
  BELAJAR DARI KESALAHAN,,  bagi rheinald kasali seorang pengusaha harus bermental seorang petani,bukan pemburu. Seorang pemburu berutang di pagi hari ,bisa melunasinya di malam hari ketika ia mendapat hasil buruan. berbeda dengan seorang petani yang mendapatkan hasil tuaian setelah menunggu tiga sampai enam bulan. Bahkan setelah panen pun masih banyak hal yang harus dilakukan, seperti proses menampi,menggiling dan menyimpan. Begitu halnya juga seorang pengusaha yang harus meiliki kesabaran dalam menerima hasil,dan harus tekun untuk terus menerus mengembangkan usahanya. termasuk didalamnya ketekunan untuk mencari tahu apakah usaha mereka sudah sesuai dengaan selera pasar yang ada.                 biasanya pengusaha melakukan kesalahan dengan mengganggap apa yang mereka pikir menarik,juga menarik untuk pasar. maka satu satunya cara mengetahui selera pasar adalah dengan terjun kedalamnya.  seorang calon pengusaha harus terjun ke bidang yang ingin dia geluti.
    Ir Ciputra juga percaya , sebuah kegagalan adalah proses yang harus dilalui dan seorang pengusaha tidak boleh memenuhi pikirannya dengan kemungkinan gagal. siapapun yang tengah mempersiapkan diri untuk menjadi wiraswasta harus terus menjadi manusia pembelajar.

    Pertanyaan saya,siapkah anda jadi pengusaha?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar