Senin, 26 September 2011

PERBEDAAN FRANCHISE DAN BUSINESS OPPURTINITY(BO)

Dipostingan saya sebelumya saya menjanjikan akan membahas tentang perbedaan franchise dan BO(Business Oppurtinity). Oke ini dia!
Ciri usaha 
Franchise; memiliki ciri khas usaha
BO :Cenderung mengandalkan produk karena ciri khas usaha belum teruji.

Sisi laba
Franchise: Terbukti suda memberikan keuntungan
BO : Karena relatif baru , banyak konsep uaha BO yang belum terbukti untung . Malah, ada juga yang menawarkan konsepnya saja tanpa ada prototipe outlet sebagai acuan calon mitra. Sistem standar operasional disesuaikan dengan mitra.
  Sistem Usaha
Franchise: Mudah di ajarkan dan di aplikasikan.
BO: Sistemnya masih dalam tahap pengembangan.
Support/Dukungan
Franchise: Adanya dukungan yang berkesinambungan.
BO: Dukungannya minim,Biasanya meminta mitra untuk aktif mengembangkan outletnya sendiri.Kalaupun ada masalah,pemilik merek(pemilik BO)hanya berperan sebagai problem solver.

Hak Kekayaan Intelektual(HKI).

Franchise: HKI Telah terdaftar.
BO: HKI bisa terdaftar bisa juga tidak.

Kebanyakan BO lebih suka menyebut tawaran kemitraaanya sebagai franchise atau waralaba ,dibanding kemitraan . Pertama alasan gengsi dan kedua karena dengan menggunakan nama franchise peluang usaha kemitraannya jauh lebih menjual.

Umumnya orang memilih franchise karena kemudahan kemudahan operasional yang ditawarkannya.Jadi dapat disimpulkan bahwa waralaba(franchise) menjual merek dagang dan manajemen usaha. Sedangkan BO hanya menjual produk dan standarisasi produk . Bisa dikatakan bahwa BO mereknya belum dikenal dan manajemennya juga masih dalam tahap pengembangan,sehinnga ia lebih fokus pada produknya.Sedangkan franchise dengan mereknya yang sudah terkenal , mereknya itu bisa menjual produknya sendiri.

BO merupakan duplikat sistem franchise yang masih prematur. Apa yang diterapkan pada sistem franchise banyak pula yang diterapkan pada BO.Namun,BO justru cocok bagi mereka yang ingin mengasah kemampuannya berbisniss karena dalam BO anda bisa ikutan memasukkan ide pengembangan usaha dan pemasaran untuk gerai yang anda miliki.

Apakah anda sudah memilih ,franchise atau BO?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar