Rabu, 21 September 2011

Mau memulai bisnis,tapi tak punya ide. pakai metode ini saja!

membuka usaha memang tak semudah yang anda kira, namun juga tak sesulit yang anda bayangkan sehingga harus ditakuti. apalagi sudah ada metode yang mungkin sebagian dari anda sudah sering mendengar istilah yang satu ini.yah betul sekali! .namanya metode ATM yang merupakan singkatan dari AMATI, TIRU,dan MODIFIKASI. artinya dalam anda menciptakan sebuah produk atau membangun sebuah usaha tidak harus dimulai dari suatu konsep yang original, tapi dapat dikembangkan dengan cara mengamati,meniru,dan memodifikasi dari bisnis yang sudah ada.
  untuk membuat sebuah konsep produk atau menciptakan suatu usaha yang memang dari ide sendiri yang original akan memerlukan banyak waktu,biaya dan tenaga. hal itu dimulai dari mencetuskan ide, lalu melakukan riset pasar ,yang mana hasilnya belum tentu diterima oleh pasar. dan imbasnya,bisa bisa sebelum usaha berjalan,anda sudah kehabisan modal duluan.
  dengan memakai metode ATM ini, anda tak perlu menguras tenaga dan pikiran anda hannya untuk membuat ide yang original.  anda hanya tinggal mengamati,lalu meniru bisnis yang sama dengan bisnis anda  dan yang pastinya bisnis yang anda tiru itu telah terbukti berhasil.  metode ini memang pas untuk para pengusaha pemula bahkan,pengusaha yang kelas kakap pun kerap kali meniru konsep bisnis pengusaha lain.
   Sepintas, menerapkan metode ini kelihatan mudah, namun jangan salah! metode ini juga gampang gampang susah. kesulitannya terletak pada modifikasi. anda juga dituntut untuk berpikir bagaimana agar konsep atau produk yang ditiru bisa berbeda atau memiliki diferensiasi dengan produk atau konsep aslinya. jadi,bukan dengan meniru keseluruhan.itu sih namanya menjiplak dan bisa bisa anda dikomplain sama si-empu-nya produk, dan hal yang terburuk anda akan terjerat masalah hukum.
   produk yang anda tiru bisa dimodifikasi sesuka anda. misalnya, dengan memodifikasi produk,dengan cara menambah varian rasa,atau meningkatkan kualitas produk. bisa juga dengan memodifikasi desainnya,seperti kemasan atau tampilan outlet yang menarik. ada pula dengan modifikasi pada sistem usaha,penjualan,distribusi,atau apa saja dengan harapan produk atau konsep anda punya diferensiasi dengan produk atau konsep aslinya. malahan anda bisa membuat yang lebih bagus dari aslinya.
     Untuk pengusaha pemula diharapkan jangan hanya meniru tanpa modifikasi. alasannya:
1. anda tak punya diferensiasi dengan pesaing,akibatnya produk anda susah dibedakan dengan produk pesaing. konsumen pun kesulitan membedakan merek yang satu dengan yang lain . berakibat mereka menjadi tidak loyal.
2. produk yang  ikut-ikutan biasanya hanya mengikuti trend sesaat , setelah trend selesai,maka rontok pula pengusaha yang meniru itu satu persatu. sedangkan mereka yang memang mempunyai kompetensi di bidang tersebut akan terus survive di pasar yang semakin menyempit , dikarenakan mereka terus berinovasi dan memodifikasi produk dan konsep bisnis mereka,
 
   Jika anda telah memiliki produk atau konsep bisnis yang unik dan mempunyai diferensiasi dengan yang lain, maka segera daftarkan merek,paten,atau hak cipta anda di DITJEN HKI , agar karya anda juga tidak dijiplak orang lain.
     Apa anda tertarik menggunakan metode ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar